TANAMAN DLINGU


Tanaman Dlingu

Nama Ilmiah: Acorus calamus L.= Acorus terreestris Spreng.
Family: Araceae

Deskripsi:

Merupakan habitus herba tahunan, tinggi ± 75 cm. Batang basah, pendek, membentuk rimpang, putih kotor. Daun tunggal, bentuk lanset, ujung runcing, tepi rata, pangkal memeluk batang, panjang ± 60 cm, lebar ± 5 cm, pertulangan sejajar, hijau.Bunga majemuk, bentuk bongkol, ujung meruncing, panjang 20-25 cm, di ketiak daun, tangkai sari panjang ± 2,75 mm, kepala sari panjang ± 2,75 mm, kepala sari panjang ± 0,5 mm, putik 1-1,5 mm, kepala putik meruncing, panjang ± 0,5 mm, mahkota bulat panjang, panjang 1-1,5 mm, puith.Akar serabut. coklat.

Manfaat Dlingu bagi kesehatan :

Dlingu berkhasiat sebagai obat penenang, obat lambung, obat limpa, bahan baku kosmetik


TANAMAN ASAM JAWA


Asam Jawa

Nama Ilmiah: Tamarindus indica L
Family: Leguminoceae


Penjelasan Detail :

Pohon asam berperawakan besar, daunnya selalu hijau dan akan gugur semuanya pada saat musim bunga tiba hanya tinggal pohon dan ranting-rantingnya setelah itu keluar bunga dan disusul tunas daun-daun muda, ketinggian pohon bisa mencapai 30 m dan diameter batang di pangkal hingga 2 m. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan, kasar dan memecah, beralur-alur vertikal. Tajuknya rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat. Daun majemuk menyirip genap, panjang 5-13 cm, terletak berseling, dengan daun penumpu seperti pita meruncing, merah jambu keputihan.

Anak daun lonjong menyempit, 8-16 pasang, masing-masing berukuran 0,5-1 × 1-3,5 cm, bertepi rata, pangkalnya miring dan membundar, ujung membundar sampai sedikit berlekuk. Bunga tersusun dalam tandan renggang, di ketiak daun atau di ujung ranting, sampai 16 cm panjangnya. Bunga kupu-kupu dengan kelopak 4 buah dan daun mahkota 5 buah, berbau harum. Mahkota kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, sampai 1,5 cm.

Buah polong yang menggelembung, hampir silindris, bengkok atau lurus, berbiji sampai 10 butir, sering dengan penyempitan di antara dua biji, kulit buah (eksokarp) mengeras berwarna kecoklatan atau kelabu bersisik, dengan urat-urat yang mengeras dan liat serupa benang. Daging buah (mesokarp) putih kehijauan ketika muda, menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika sangat masak, asam manis dan melengket. Biji coklat kehitaman, mengkilap dan keras, agak persegi.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Asam Jawa :

Daun mudanya (Jw. sinom) digunakan dengan kunyit dan bahan ramuan lain untuk membuat jamu jawa tradisional yaitu jamu sinom untuk minuman kesegaran, jamu gepyok diminum untuk melancarkan dan memperbanyak air susu ibu dan juga bisa digunakan sebagai tapal (dioleskan dipermukaan kulit atau ditempelkan dipermukaan kulit) untuk mengurangi radang dan rasa sakit di persendian, di atas luka atau pada sakit rematik. Daun muda yang direbus untuk mengobati batuk dan demam. Kulit kayunya yang ditumbuk digunakan untuk menyembuhkan luka, borok, bisul dan ruam. Kulit kayu asam juga digunakan sebagai obat kuat. Tepung bijinya untuk mengobati disentri dan diare.



TANAMAN JAHE


Tanaman Jahe

Nama Ilmiah : Zingiber officinale
Famili: Zingiberaceae

Deskripsi:

Terna berbatang semu, tinggi 30 cm sampai 1 m, rimpang bila dipotong berwarna kuning atau jingga. Daun sempit, panjang 15 – 23 mm, lebar 8 – 15 mm ; tangkai daun berbulu, panjang 2 – 4 mm ; bentuk lidah daun memanjang, panjang 7,5 – 10 mm, dan tidak berbulu; seludang agak berbulu

Perbungaan berupa malai tersembul dipermukaan tanah, berbentuk tongkat atau bundar telur yang sempit, 2,75 – 3 kali lebarnya, sangat tajam ; panjang malai 3,5 – 5 cm, lebar 1,5 – 1,75 cm ; gagang bunga hampir tidak berbulu, panjang 25 cm, rahis berbulu jarang ; sisik pada gagang terdapat 5 – 7 buah, berbentuk lanset, letaknya berdekatan atau rapat, hampir tidak berbulu, panjang sisik 3 – 5 cm; daun pelindung berbentuk bundar telur terbalik, bundar pada ujungnya, tidak berbulu, berwarna hijau cerah, panjang 2,5 cm, lebar 1 – 1,75 cm ; mahkota bunga berbentuk tabung 2 – 2,5 cm, helainya agak sempit, berbentuk tajam, berwarna kuning kehijauan, panjang 1,5 – 2,5 mm, lebar 3 – 3,5 mm, bibir berwarna ungu, gelap, berbintik bintik warna putih kekuningan, panjang 12-15 mm, kepala sari berwarna ungu , panjang 9 mm, tangkai putik 2.

Manfaat Jahe bagi kesehatan :

Jahe dapat dimanfaatkan sebagai penyedap masakan ataupun minuman secara umum. Tetapi secara pharmakologi jahe dapat dimanfaatkan untuk berbagai obat antara lain adalah sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.


TANAMAN JAMBLANG


Tanaman Jamblang

Nama Ilmiah: Syzygium cumini
Family: Myrtaceae

Deskripsi:

Pohon yang kokoh dan tidak menggugurkan daun, kadang kadang berbatang bengkok, tinggi hingga 20 m dan gemang mencapai 90 cm. Bercabang rendah dan bertajuk bulat atau tidak beraturan. Daun-daunnya terletak berhadapan, bertangkai 1-3,5 cm. Helaian daun bundar telur terbalik agak jorong sampai jorong lonjong, 5-25 x 2-10 cm, pangkal berbentuk pasak atau membundar, ujung tumpul atau agak melancip, bertepi rata, menjangat tebal dengan tepi yang tipis dan agak tembus pandang. Hijau tua berkilat di sebelah atas, daun jamblang agak berbau terpentin apabila diremas. Daun yang muda berwarna merah jambu.

Bunga kecil, duduk rapat-rapat, 3-8 kuntum di tiap ujung tangkai, berbau harum. Daun kelopak bentuk lonceng melebar atau corong, tinggi 4-6 mm, kuning sampai keunguan. Daun mahkota bundar dan lepas-lepas, 3 mm, putih abu-abu sampai merah jambu, mudah gugur. Benang sari banyak, 4-7 mm; putik 6-7 mm. Buah buni berbentuk lonjong sampai bulat telur, sering agak bengkok, 1-5 cm, bermahkota cuping kelopak, dengan kulit tipis licin mengkilap, merah tua sampai ungu kehitaman, kadang-kadang putih. Sering dalam gerombolan besar. Daging buah putih, kuning kelabu sampai agak merah ungu, hampir tak berbau, dengan banyak sari buah, sepat masam sampai masam manis. Biji lonjong, sampai 3,5 cm.

Khasiat dan Manfaat Jamblang bagi kesehatan :

Kulit batang, daun, buah dan bijinya acapkali digunakan sebagai obat kencing manis, murus (diare), dan beberapa penyakit lain. | Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, daging buah, dan bijinya. Daging buah bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan. Daging buahnya digunakan untuk pengobatan seperti kencing manis (diabetes melitus), batuk kronis, sesak napas (asma), batuk rejan, batuk pada TB paru, disertai nyeri dada, nyeri lambung dan diare. Sedangkan bijinya digunakan untuk pengobatan penyakit kencing manis (diabetes melitus), diare, disentri, gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambung, keram perut, keracunan strychnine (penawar racun yang tidak spesifik), dan pembesaran limpa. Sementara itu kulit kayu sangat efektif di gunakan untuk pengobatan Diabetes Militus.



TANAMAN JARAK BALI


Tanaman Jarak Bali

Nama Ilmiah: Jatropha podagrica Hook.
Famili: Euphorbiaceae

Deskripsi:

Tanaman ini dapat ditemukan sebagai tanaman hias, yang ditanam di pekarangan atau tempat rekreasi. Asalnya, dari Amerika tropis. Perdu tegak, tinggi 0,5- 1,5 m, bergetah warna putih, batang tunggal atau sedikit bercabang, dengan pangkal batang yang membesar dan melembung seperti umbi.
Daun bertangkai yang panjangnya 20- 30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang.

Tanaman tersebut merupakan sumber minyak, dan mengandung zat ricin, sejenis racun. Pohon jatak tersebut merupakan Satu-satunya tumbuhan yang bijinya yang kaya akan suatu asam lemak (Hidroksi), Yaitu asam (Ricinoleat). Kehadiran asam lemak tersebut membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu yang tinggi sehingga minyak jarak di pergunakan sebagai campuran (Pelumas).

Manfaat Jarak Bali bagi kesehatan :

Tanaman ini berkhasiat untuk demam, bengkak terpukul, digigit ular biasa. | Tumbuhan ini berkhasiat untuk mengobati Susah Buang Air Besar, Kanker Mulut Rahim, Susah melahirkan, TBC kelenjar, Bisul, Koreng, Tetanus Epilepsi, Luka terpukul, Luka Bakar dll.



TANAMAN JARAK PAGAR


Tanaman Jarak Pagar

Nama Ilmiah: Jatropha curcas L.= Curcas purgans
Medik.= Jatropha acerifoliaSalisb.
Family: Euphorbiaceae

Deskripsi Tanaman Jarak Pagar :

Tanaman jarak pagar termasuk famili Euphorbiaceae, satu famili dengan karet dan ubikayu. Pohonnya berupa perdu dengan tinggi tanaman 1 – 7 m, bercabang tidak teratur. Batangnya berkayu, silindris bila terluka mengeluarkan getah. Daunya berupa daun tunggal, berlekuk, bersudut 3 atau 5, tulang daun menjari dengan 5 – 7 tulang utama, warna daun hijau (permukaan bagian bawah lebih pucat dibanding bagian atas). Panjang tangkai daun antara 4 – 15 cm.

Bunga berwarna kuning kehijauan, berupa bunga majemuk berbentuk malai, berumah satu. Bunga jantan dan bunga betina tersusun dalam rangkaian berbentuk cawan, muncul diujung batang atau ketiak daun. Buah berupa buah kotak berbentuk bulat telur, diameter 2 – 4 cm, berwarna hijau ketika masih muda dan kuning jika masak. Buah jarak terbagi 3 ruang yang masing – masing ruang diisi 3 biji. Biji berbentuk bulat lonjong, warna coklat kehitaman. Biji inilah yang banyak mengandung minyak dengan rendemen sekitar 30 – 40 %.

Manfaat Jarak pagar bagi kesehatan :

Jarak pagar berkhasiat sebagai obat cacing, obat perut kembung, dan obat luka.



TANAMAN JERUK NIPIS


Tanaman Jeruk Nipis

Nama Ilmiah: Citrus aurantifolia
Famili: Rutaceae

Deskripsi Tanaman Jeruk Nipis :

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti padasoto.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sudah dikenal sebagai obat batuk selain penyegar kuah soto. Namun masih ada kegunaan lain dari tanaman yang menyukai tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik ini. Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang mempunyai banyak dahan dan ranting. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola tenis meja berwarna hijau kekuningan.

Manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan :

Jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak
(mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan..



TANAMAN JERUK PURUT


Tanaman Jeruk Purut

Nama ilmiah: Citrus hystrix DC. = C. paeda Miq.
Famili: Rutaceae

Deskripsi Tanaman Jeruk Purut:

Jeruk (atau limau/limo) purut (Citrus × hystrix DC.) merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai kaffir lime, sementara nama lainnya ma kruut (Thailand), krauch soeuch (Kamboja), 'khi 'hout (Laos), shouk-pote (Burma), kabuyau, kulubut, kolobot (Filipina), dan truc (Vietnam).

Daun jeruk purut, dipakai sebagai pengharum dalam masakan. Jeruk rempah ini termasuk ke dalam subgenus Papeda, berbeda dengan jenis jeruk pasaran lainnya, sehingga penampilannya mudah dikenali. Tumbuhannya berbentuk pohon kecil (perdu). Rantingnya berduri. Daun berbentuk khas, seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak berlapis malam.

Daun muda dapat berwarna ungu yang kuat. Buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih daripada 2cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal. Perbanyakan dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan..

Manfaat Jeruk Purut bagi kesehatan :

Air daging buah berkhasiat sebagai obat batuk. Kulit dan daunnya digunakan untuk penyedap masakan dan antiseptic. Buah jeruk purut digunakan untuk mengatasi: influenza, badan terasa lelah, ramput pala yang bau (mewangikan kulit), serta kulit bersisik dan mengelupas. Daun jeruk purut digunakan untuk mengatasi: badan letih dan lemah sehabis sakit berat..



TANAMAN JINTEN


Tanaman Jintan Manis

Nama ilmiah: Pimpinella anisum L
Famili: Apiaceae

Deskripsi Tanaman Jintan Manis:

Jinten termasuk tanaman semak, menjalar, batang lunak, bercabang-cabang,beruas-ruas. Ruas yang menempel tanah akan tumbuh akar dan berkembang menjadi banyak, batangnya mudah untuk dipatahkan, berambut, warna hijau muda.

Daunnya tunggal berbentuk bulat telur, tepi bergerigi, pangkal bulat, bermbut halus, panjang daun antara 5-7cm dan lebar daun 5-6 cm. Bunga majemuk memiliki rambut halus. Kelopak bunga bulat berwarna hijau keunguan, kepala putik berwarna cokelat, kepala sari kuning, mahkota bulat berwana keunguan...

Manfaat Jintan Manis bagi kesehatan :

ekspektoran/batuk, stomakik/ perangsang lambung, karminatif/peluruh kentut, spasmolitik/anti kejang perut, dan laktagog/ pelancar ASI



TANAMAN JENGGER AYAM


Tanaman Jengger Ayam

Nama Ilmiah: Calosia cristata L.= C.argentea L. var cristata (L.) O. Ktze.
Family: Amaranthaceae

Deskripsi Tanaman Jengger Ayam:

Celosia cristata merupakan jenis tanaman hias dan sering disebut dengan nama bunga jengger ayam. Tanaman ini disebut demikian karena memiliki bunga yang berbentuk seperti jengger ayam.

Tanaman ini juga umumnya ditanam di halaman sebagai tanaman tepi taman (bedding plant). Warna bunga merah, kuning, ungu, oranye dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk tanaman bedengan diluar rumah, tetapi bisa juga digunakan sebagai tanaman di dalam ruangan saat kondisi berbunga. Bunga dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Pemberian sinar matahari cukup esensial, diperlukan pula pemupukan yang teratur. Celosia membutuhkan udara yang dingin dan sirkulasi udara yang baik untuk memperpanjang masa pembungaannya. Ketinggian dapat mencapai 1,5-2 kaki. Perbanyakan tanaman jengger ayam dengan biji.Tanaman ini mengandung biji yang sangat banyak dan pertumbuhannya cepat..

Manfaat Jengger Ayam bagi kesehatan :

Bunga jengger ayam berkhasiat sebagai antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), dan
menerangkan penglihatan, sebagai obat keputihan, menghilangkan rasa nyeri pada waktu haid
dan kencing nanah



TANAMAN KAMBOJA


Tanaman Kamboja

Nama Ilmiah: Plumiera acuminata Aft.
Family: Apocynaceae

Deskripsi Tanaman Kamboja:

Kamboja merupakan spesies tumbuhan yang awalnya tumbuh di Amerika tropik dan Afrika. Sebagai tanaman hias, varitas kamboja kini hampir mencapai 50 jenis. Ciri khas tanaman ini memiliki batang yang berkayu keras tinggi.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki cabang yang banyak. Tingginya bisa mencapai lebih enam meter. Batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah. Daun tanaman kamboja berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing dan agak keras dengan urat-urat daun yang menonjol, sering rontok terutama saat berbunga lebat.

Sedangkan, bungan yang menjadi daya tarik kamboja berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai. Daun bunga umumnya berjumlah lima buah. Tanaman hias yang tengah naik daun ini, biasa berbunga sepanjang tahun. Kamboja biasanya tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian tanah 700 meter di atas permukaan laut

Manfaat Kamboja bagi kesehatan :

Getah batang kamboja berkhasiat sebagai obat bisul dan obat busung lapar.




TANAMAN KAPULAGA


Tanaman Kapulaga

Nama Ilmiah: Amamum Campactum Soland
Famili: Zingiberaceae

Deskripsi Tanaman Kapulaga:

Tanaman kapulaga ini tumbuh berumbi akar dengan tinggi antara 2-3 m. Daunnya lonjong berujung runcing dengan panjang sekitar 30 cm dan lebar 10 cm. Bunganya (simetris dua sisi, berwarna kemerah-merahan dan terbagi menjadi 3 bagian) dapat dibedakan menurut perbedaan jenis varietas setempat.

Dari sana akan dihasilkan buah kotak berwarna putih yang harum sehingga bisa digunakan sebagai obat maupun bumbu. Buahnya berada dalam tandan berbentuk bulat kecil , kadang berbulu dan berwarna kuning kelabu. Tumbuh mencapai tinggi 2 m, dengan rimpang yang tumbuh menjalar di bawah tanah, agak bulat gilig, gemang 1-2 cm, putih kekuningan, tertutupi sisik-kelopak tak berambut berwarna coklat kemerahan.

Batang-batang semu muncul agak terpisah-pisah, tumbuh tegak 1,5-2 m, bulat gilig berdiameter hingga 2,5 cm, hijau gelap. Daun-daun terletak berseling, duduk, bentuk lanset, 7,5-50 cm × 3-10 cm, pangkalnya perlahan-lahan menyempit, ujungnya meruncing dengan runcingan sepanjang 3 cm, hijau mengkilap dengan banyak bintik yang awalnya putih namun akhirnya merah darah.

KHASIAT DAN Manfaat Kapulaga bagi kesehatan :

Kapulaga bisa digunakan untuk mengatasi Kram / Kejang Perut, Rematik, Demam, Panas, Batuk, Mencegah Mual, Bau Badan, Radang Amandel, Gangguan Haid, Kejang Perut, Obat Kumur, Influenza, Radang Lambung, Sesak Napas, Badan Lemah (Sebagai Tonikum), dll.










































Post a Comment