Proses Penyembuhan Patah Tulang

| Selasa, 22 Februari 2011
Berikut ini adalah artikel tentang proses penyembuhan fraktur tulang atau lebih di kenal orang dengan sebutan patah tulang. 

    Kebanyakan patah tulang sembuh melalui osifikasi endokondral. Ketika tulang mengalami cedera, fragmen tulang tidak hanya ditambal dengan jaringan parut. Namun, tulang mengalami regenerasi sendiri.

Berikut Proses Penyembuhan Fraktur tulang:

* Inflamasi

Dengan adanya patah tulang, tubuh mengalami respon yang sama  bila ada cedera di tempat lain dalam tubuh. Terjadi perdarahan dalam jaringan yang cedera dan terjadi pembentukan hematoma pada tempat patah tulang. Ujung fragmen tulang mengalami devitalisasi karena terputusnya pasokan darah. Tempat cedera kemudian akan diinvasi oleh makrofag (sel darah putih besar) yang akan membersihkan daerah tersebut. Terjadi inflamasi, pembengkakan, dan nyeri. Tahap inflmasi berlangsung beberapa hari dan hilang dengan berkurangnya pembengkakan dan nyeri.

    * Proliferasi sel

Dalam sekitar 5 hari, hematoma akan mengalami organisasi. Terbentuk benang-benang fibrin, membentuk jaringan untuk revaskularisasi, dan invasi fibroblast dan osteoblast.

Fibroblast dan osteoblast (berkembang dari osteosit, sel endostel, dan sel periosteum) akan menghasilkan kolagen dan proteoglikan sebagai matriks kolagen pada patahan tulang. Terbentuk jaringan ikat fibrus dan tulang rawan (osteoid). Dari periosteum tampak pertumbuhan melingkar. Kalus tulang rawan tersebut dirangsang oleh gerakan mikro minimal pada tempat patah tulang. Tetapi gerakan yang berlebihan akan merusak struktur kalus. Tulang yang sedang aktif tumbuh menunjukkan potensial elektronegatif.

* Pembentukan kalus

Pertumbuhan jaringan berlanjut dan lingkaran tulang rawan tumbuh mencapai sisi lain sampai celah sudah terhubungkan. Fragmen patahan tulang digabungkan dengan jaringan fibrus, tulang rawan dan tulang serat imatur. Bentuk kalus dan volume yang dibutuhkan untuk menghubungkan defek secara langsung berhubungan dengan jumlah kerusakan dan pergeseran tulang.  Perlu waktu 3-4 minggu agar fragmen tulang tergabung dalam tulang rawan atau jaringan fibrus.  Secara klinis, fragmen tulang tidak bisa lagi digerakkan.

    * Osifikasi ( penulangan kalus )

Pembentukan kalus mulai mengalami penulangan dalam 2-3 minggu setelah patah tulang melalui proses penulangan endokondral. Mineral terus-menerus ditimbun sampai tulang benar-benar telah bersatu dengan  keras. Permukaan kalus tetap bersifat elektronegatif. Pada patah tulang panjang orang dewasa normal, penulangan memerlukan waktu 3-4 bulan.

    * Remodelling

Tahap akhir perbaikan patah tulang meliputi pengambilan jaringan mati dan reorganisasi tulang baru ke susunan struktural sebelumnya. Remodelling memerlukan waktu berbulan-bulan samapai bertahun-tahun tergantung beratnya modifikasi tulang yang dibutuhkan, fungsi tulang, dan pada kasus yang melibatkan tulang kompak dan kanselus , stress fungsional pada tulang. Tulang kanselus mengalami penyembuhan dan remodeling lebih cepat dari pada tulang kortikal kompak, khususnya pada titik kontak langsung. Ketika remodeling telah sempurna, muatan permukaan patah tulang tidak lagi bermuatan negatif.

 Tanya jawab mengenai patah tulang dengan Dr. Muki Partono:

 1.
      tinton 14 March 2010 at 4:40 pm #



      dokter usia saya 24th sudah 4 bula lalu tulang saya patah terbuka dan pasang pen, tetapi bekas luka terbuka sampai sekarang belum menutup, padahal saya tidak ada penyakit gula, jadi bagaimana agar cepat pulih jaringan kulitnya terimakasih, maaf kl bisa di bls di email saya, terimakasih

     
Reply
 muki partono 15 March 2010 at 4:01 pm
            tak usah khawatir, selama tulangnya tdk infeksi , utk tahunya kita lakukan foto xray, kadang memang infeksi dibawah kulit agak lama sembuhnya tapi utk proses penulangan lebih kuat
            Reply
   2.
      adit 4 May 2010 at 11:15 am
      dok, saya adit dr semarang, umur 26thn.saya baru kecelakaan dan patah tulang di tulang belikat sebelah kanan..
      patah menjadi 4 bagian dan disatukan lagi pake pen.yang saya tanyakan: berapa lama tulang saya terbentuk lagi? makanan apa saja yg mendukung pemulihannya? terkadang rasa nyeri seperti dicengkram/di remas2 gt dok pada tulang yang patah,apakah itu alami? terima kasih dok:)
      Reply
          *
            muki partono 4 May 2010 at 11:39 am #

            anda butuh waktu yg lbh lama, hrs latihan pendulum excercise spy bahu tdk kaku, makanan yg paling banyak mengandung kalsium spt susu, kedelai, tahu, tempe, yogurt, dll
            Reply
   3.
      echa 16 June 2010 at 1:48 pm #

      Dear dok,

      seminggu yang lalu pacar saya kecelakaan dan tulang bahunya patah (sudah merupakan hasil ronsen). apakah harus dioperasi ya dok? opreasi seperti apa ya dok? atau adakah cara lain dok selain operasi dok?

      Makasih banyak yah dok..
      Reply
          *
            muki partono 19 June 2010 at 9:28 am #

            sebaiknya dioperasi utk menyelamatkan fungsi gelang bahu, tdk semata2 hanya tulang menyambung
            Reply
   4.
      bambang 30 July 2010 at 9:47 am #

      Dok,umr saya 27 5hr yang lalu kecelakaan dan patah pada tulng paha kiri,mlmnya saya di operasi kata doktr yang menangani tulang paha patah dan banyak serpihannya jadi penangan operasinya lama skitar 4jam,,jadi pertanyaan saya samapai kapan bengkak di paha hilang,dan butuh brapa lama untuk bisa brfungsi kmbli normal?trimaksh dokter
      Reply
          *
            muki partono 31 July 2010 at 1:30 pm #

            bengkak pada kaki bisa sampa 3 minggu atau lbhtapi tdk masalah itu proses wajar, kembali normal estimasi 5 bulan lepas tongkat, 1 1/2bulan sdh aktifitas dgn bantuan tongkat.
            Reply
   5.
      bambang 7 August 2010 at 10:05 am #

      satu lg dok,skrg saya sudh pulng dr Rumhskt ,tapi lutut saya tdk bsa di tekuk,kalaupun di paksakan terasa ada tahanan di paha ,jd pertanyaan apakah normal dok seperti itu,kalo post oprasi pemasangan pen di paha trus apakah yang terjadi klo saya paksakn lipat lutut saya krn saya takut akn selamanya seperti ini..trmksh dokter
      Reply
   6.
      siska 13 August 2010 at 10:02 am #

      selamat siang dok,saya mau tanya apakah setelah pemasangan pen kita harus benar2 bedrest selama sebulan penuh,bahkan untuk(Maaf)BAB harus ditempat tdr,krna takut pen patah atau rubah posisi tulangnya,jd pertanyaan saya sejauh mana mobilisasi pasien2 dngn pemasangan pen yang ada dirumah.
      Reply
          *
            muki partono 15 August 2010 at 12:54 am #

            tujuan pemasangan pen pada kasus patah tulang adalah mobilisasi dini, jd asumsi anda tdk tepat, sebaiknya mobilisasi cepat, hanya saja mobilisasi yg dimaksud berbeda-beda sesuai jenis pen yg dipasang dan tehnik yg dipakai , utk hal ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter yg mengerjakan, atau kami bisa bantu bila ada foto rontgen setelah pemasangan pen
            Reply
   7.
      candra 21 August 2010 at 8:34 pm #

      Malam dok,sebulan yang lalu saya dioprasi pasang plat di paha kanan,selama dirumah saya rajin gerak tungkai sama lutut,alhmdlh tidak ada kendala tapi kadang2 saat saya melipat lutut dlm posisi tidur merasa tulang patah saya ikut goyang juga sensasi itu tanpa rasa sakit,,mungkinkah goyangan itu dr patahan tulang?mohon petunjuknya dok?
      Reply
          *
            muki partono 21 August 2010 at 10:06 pm #

            sebaiknya di cek ulang kami khawatir itu loosening terjadi pada plate yg terpasang
            Reply
   8.
      Riza 3 September 2010 at 8:16 am #

      Dokter,sy pria berusia 19th,skitar 8 bln yang lalu sya mengalami kecelakaan dan patah tulang paha sebelah kanan dan lengan kanan dkt siku,stlah 6 blan stelah operasi Pen,ternyata saya mengalami infeksi tulang tpi hnya yg kaki kanan sja sdngkn yg tngan sudah normal kembali,
      Dan ternyata stlah dirontgen Pen kaki kanan sya hampir trlepas dr tulang,
      Dan akhr sy pun menjalani operasi kembali,trnnyta oprasi ny dilakukan 2 kali,operasi pertama membka pen yg rusak,lalu slma 15 hri sy menjalani traksi dan pengobatan infeksi,stlah itu dilaksanakn operasi ke 2 untk pemasangan pen,
      Yg mau sya tnyakan,
      Apakah akan memperlambat proses penyambungan tulang saya ?
      Kira kira untk normal seperti sedia kala dibutuhkn waktu berapa lama ?
      Reply
          *
            muki partono 5 September 2010 at 11:04 am #

            prosedur ini tdk mengganggu penyembuhan justru utk menghilangkan infeksi, masalah penyambungan tulang memang salah satu sebab yg memperlambat adalah infeksi, utk itu bila infeksinya bisa dikurangi atau dihilangkan, maka proses penyambungan tulangnya akan kembali normal
            Reply
   9.
      mia 4 October 2010 at 3:23 pm #

      Sore dok,jika patah tulang sampai 2 thun yang lalu,apakah masih bisa jika dioperasi untuk dipasang pen,apakah proses penyembuhan pasca operasi akan memakan waktu yang lama?
      Reply
  10.
      ana wahyu 5 October 2010 at 9:01 am #

      Dok,tanggal 24 September 2010 saya kecelakaan,hasil rontgen tulang ekor saya retak….sekarang saya sudah mulai bekerja lagi..dan tidak bisa duduk lama…masih nyeri…yang saya tanyakan apakah saya bisa melaksanakan perjalanan jauh…adatugas kantor ke Malaysia tgl 21 Oktober 2010 dan obat apa yang bisa mempercepat kesembuhan saya?.terimakasih dokter.
      Reply
          *
            muki partono 5 October 2010 at 2:01 pm #

            bawa bantal yg berbentuk donat dan kurangi duduk, serta asupan kalsium dan vit D3
            Reply
  11.
      tony 14 October 2010 at 1:17 pm #

      dok saya tony umur saya 17 tahun bru kemaren sya kcelakaan dan jatuh dari motor pergelangan tgan sebelah kanan saya path gimana cara agar cepat sembuh soal.a saya udah klas 3 smk dan tidak bisa menulis kalo pake tangan kiri pdahal sbentar lagi mid smester,…?
      Reply
          *
            muki partono 14 October 2010 at 8:33 pm #

            kalau itu tujuan kamu bar cepat bisa menulis dan aktif lg sebaiknya di operasi
            Reply
  12.
      tony 15 October 2010 at 6:56 am #

      tp kta dokter.a ga usah di operasi kata.a posisitulang.a udah bagus jdi cuman di giip jja
      tpi ak pngen tanya gimna agar cpet sembuhnya dok
      and mkanan” yang mempercepat penyembuhan tulang yg patah,….
      Reply
  13.
      rini 20 October 2010 at 2:20 pm #

      dok saya wanita umur 23 tahun, saya baru mengalami kecelakaan dan tulang kaki saya patah, ini sudah 2 minggu pasca operasi. kaki saya sudah tdk bengkak lagi tetapi luka bekas operasi masih ada yang belum kering.

      yang saya tanyakan susu apa yang bisa mempercepat penyembuhan tulang saya?
      lalu ciri2 kalau terjadi infeksi tuh seperti apa?
      Reply
          *
            muki partono 21 October 2010 at 10:08 am #

            luka masih basah selama tak ada tanda infeksi spt panas badan atau panas sekitar luka , warna kemerahan dan mengeluarkan cairan yg berbau spt nanah, selama hal tsb tdk ada tak perlu khawatir, susu apa saja baik yg penting dosis yg anda perlukan 1500 mg/ hari
            Reply
  14.
      YENI 21 October 2010 at 9:10 am #

      dok waktu itu saya pernah tanya tentang pen tulang belakang saya yang patah. sekarang yang ingin saya tanyakan adalah sekarang tulang belakang saya agak menonjol dan saya jadi seperti keliatan orang bungkuk padahal saya jalan biasa saja tapi orang lain melihatnya berbeda mngkn karena pen patah tersebut dan dalam waktu dekat ini saya ingin menikah apakah nantinya hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan saya apabila saya hamil karena kata dokter saya tidak boleh terlalu gemuk dan pen ini saya pake untuk selamanya. Apakah ada jalan keluar lain untuk mengatasinya karena terus terang saja klo untuk operasi kembali saya sudah tidak mampu. saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. terima kasih
      Reply
  15.
      taufiq 22 October 2010 at 10:07 am #

      dok saya pria umur 37 th, tgl 27 sept 2010 jari manis tangan kiri saya patah dan hari itu jg di oprasi,sekarang ada terasa mengalir di luka, terasa lengket, pedih, apa itu ? apa tulang yg patah akan nyambung lagi ? makanan apa yg baik supaya cepat sembuh ? Terima kasih dokter.
      Reply
          *
            muki partono 23 October 2010 at 10:01 am #

            kondisi yg masih wajar akibat operasi, makanan yg banyak mngandung kalsium, spt susu, tempe, tahu, bayam, ikan teri dll
            Reply
  16.
      Dedy 22 October 2010 at 6:35 pm #

      Kemarin saya kecelakaan ,trus jari kaki saya patah, langsung d jahit di klinik, kata dokternya jangan di apa2kan sampai 5 hari dan hrus konsumsi singkong bakar, nah apakah tulangnya bisa nyambung lagi dok?, trus apa benar singkong baik buat tulang?karena sy bca di internet makan singkong malah gak baik buat tulang..mhon di jwb ya dok..trma ksh
      Reply
          *
            muki partono 23 October 2010 at 9:55 am #

            hati2 bila patah dgn luka takutnya infeksi sebaiknya anda konsultasikan ke dokter tulang spy jgn terjadi infeksi, maalah singkong blm ada penelitian tentang itu, tapi kalau mau coba tdk ada salahnya .
            Reply
  17.
      wakiman 23 October 2010 at 5:56 am #

      dok,,jari telunjuk saya retak tngn sblh knan..ini tngn yng pnting untk beraktivitas..sedngkn saya di jepang..biar jari saya cpt smbh butuh asupn apa dok 23 tahun…trimaksh..butuh waktu berapa lma dok
      Reply
          *
            muki partono 23 October 2010 at 9:51 am #

            asupan kalsium , banyak terdapat pada susu, ikan teri, kedelai, tahu, bayam, atau beli suplement kalsium
            Reply
  18.
      yeni 23 October 2010 at 10:38 am #

      dok tlng jawab pertanyaan saya karena sangat membutuhkannya. tks
      dok waktu itu saya pernah tanya tentang pen tulang belakang saya yang patah. sekarang yang ingin saya tanyakan adalah sekarang tulang belakang saya agak menonjol dan saya jadi seperti keliatan orang bungkuk padahal saya jalan biasa saja tapi orang lain melihatnya berbeda mngkn karena pen patah tersebut dan dalam waktu dekat ini saya ingin menikah apakah nantinya hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan saya apabila saya hamil karena kata dokter saya tidak boleh terlalu gemuk dan pen ini saya pake untuk selamanya. Apakah ada jalan keluar lain untuk mengatasinya karena terus terang saja klo untuk operasi kembali saya sudah tidak mampu. saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. terima kasih
      Reply
  19.
      Kautsar 17 November 2010 at 4:09 pm #

      dok saya berumur 37 tahun dan patah tulang di bagian atas lengan dekat siku.
      apakah ada hal yg dapat ditimbulkan seperti komplikasi atau efek yang lain setelah peroses penyembuhan?
      dan dibutuhkan waktu berapa lama untuk proses penyembuhan?
      Reply
          *
            muki partono 17 November 2010 at 8:54 pm #

            hati2 dgn kekakuan sendi siku, prosesn penulangan sdh mulai ada sejak 3 minggu sampai 6 bln ke depan
            Reply
  20.
      Suryawati 18 November 2010 at 12:21 pm #

      Dok, sy 45 thn. 1 bulan yg lalu sy jth dan kaki kiri tulang besar (bg betis tp bkn tulang kering) patah dan sdh dioperasi psg pen. Sy mau ty perlu berapa lama utk sy bisa jalan normal kembali? sy sdh di srh belajar napak. dr belajar napak smp berjalan tanpa tongkat perlu berapa lama ya? Terima kasih
      Reply
  21.
      sultoni 21 November 2010 at 7:37 am #

      dok,,nama saya toni,saya mau tanya ,seminggu kemaren ibuk saya kecelakaan dari motor. umurnya 45 tahun, berat 75. setelah kecelakaan langsung di bwah ke tmpt urut.teryata ada pergeseran di tulang pinggul, setelah itu hasil scan tulng baik2 aja . tapi sampai sekarang belum bisa berjalan , apa yang harus ibuk saya lakukan ? adakah obat yang bisa mempercepat kesembuan nya dpk
      Reply
          *
            muki partono 22 November 2010 at 9:03 am #

            sebaiknya diperiksa ulang hasil scan tulangnya, karena bisa saja kemungkinan lain terjadi.kami belum bisa memberikan obat2an yang sesuai , harus melihat kondisi ibu anda lebih dulu
            Reply
  22.
      Nanda Firdaus 24 November 2010 at 1:15 pm #

      dok,umur saya 14thn. seminggu yg lalu saya mengalami patah tulang. yg pth adlh tulang hasta dan pengumpil tangan kanan. tulang saya patah membentuk sudut sekitr 30derajat, namun bkan pth tulg terbuka. Setelah operasi, sy dipasangi 2 buah pen. Alhamdulillah sekrang saya sdh mulai bisa menulis lg. Apakh ada cara utk mempercept proses penyambungan tulang? Dan latihan ap sj yg hrs sy lkukn agr otot sy tdk kaku?
      Reply
  23.
      dedy 27 November 2010 at 8:36 pm #

      dok, sudah 1 bulan saya patah tulang terbuka bagian jari kaki, tapi ALlhmdlh luka nya sudah sembuh, cuma kata dokter,tulang saya belum nyambung sempurna/masih lemah.saya tidak di opersi(pasang pen) cuma di pasang semacam plat di luar aja dan di kasih obat dan calsium. apakh bisa cepat sembuh dok?dan berapa lama bisa smbuh total dok? berhubung saya harus tetap kerja,,
      Reply
  24.
      arthur 18 December 2010 at 9:34 pm #

      dokter..3hari yg lalu pcr saya kecelakaan..
      kaki kanannya hancur, stelah kejadian lgsg dibawa kerumah sakit dan dioperasi selama 4 jam..
      dan besok adalah operasi ke2 untuk membersihkan sel2 kulit yg mati..
      pertanyaan saya, untuk patah tulang seperti itu berapa lama waktu penyembuhannya..?terima kasih..
      Reply
          *
            muki partono 19 December 2010 at 10:47 pm #

            wah agak lama kalau kulitnya mati artinya luka cukup hebat, biasanya 6- 1 tahun
            Reply
                o
                  arthur 21 December 2010 at 11:33 pm #

                  terima kasih atas jawabannya dok..
                  besok adalah operasi ke3 dgn bius total utk membersihkan kulit2 yg menghitam..
                  yg hancur di bagian pergelangan kakinya dok, ada 12 pen ..
                  tapi kenapa dibalut perban sampai ke paha ya dok..?knp tdk di bagian pergelangannya saja..?
                  Reply
                      +
                        muki partono 22 December 2010 at 4:54 pm #

                        untuk mengurangi bengkak memang harus demikian , spy tekanan pada tungkai bapak sama dari seluruh bagian kaki yg mengalami kelainan
                        Reply
  25.
      arthur 22 December 2010 at 7:29 pm #

      tapi knp setiap dikasi makn atau mnum pasti muntah dok..?
      apa efek samping dr obat..?kadang merasa bdn pegal2, dan panas jg…
      udah 1 minggu ini jg g bsa mkn nasi, bdn jd kurus bgt dok…
      Reply
  26.
      arthur 27 December 2010 at 5:57 pm #

      dokter ..saya ada 1 pertanyaan, tolong di jawab..
      sudah 13 hari tunangan saya dirawat di RS karena kecelakaan tersebut..
      tadi pagi dokter merawat lukanya, ternyata hasil operasi membuat pergelangan kakinya sepertinya bengkok, gmna tindakan slanjutnya agar normal dok?
      trs kata dokter harus mengambil daging di paha, karena tidak ada daging di area yg luka karena kecelakaan tsb..
      makasih dokter…
      (arthur)
      Reply
  27.
      meiga 28 December 2010 at 12:33 pm #

      met siang dok…
      dokter 2 tahun lalu pacar saya kecelakan dan ibu jari kaki di ampurasi krn terjadi infeksi. dan sekarng jari telunjuk kakinya kenapa melipat yah dok? dan terlihat kakinya jadi mengecil?
      yg jadi pertnyaan saya knp jari telunjuknya melipat n kaki nya jadi mengecil???

      tolong bantu saya dok…
      terima kasih…
      Reply
          *
            muki partono 30 December 2010 at 2:48 pm #

            melipat akibat kekakuan, dan mengecil akibat atropi, (tdk banyak peregerakan), sebaiknya diperiksakan
            Reply
  28.
      damon 5 January 2011 at 7:59 am #

      Dokter,ibu sy usia 60 th mengalami tulang retak dilutut 5 bulan yg lalu, skrg sdh bs jalan tanpa bantuan krek/tongkat, tapi lututnya mash blm bisa di tekuk, kalaupun di paksakan terasa sakit spt ada tahanan di paha ,jd pertanyaan :
      1.apakah keadaan seperti itu normal dok?
      2.apa yg hrs dilakukan utk penyembuhan agar lutut bs ditekuk spt sedia kala?

      Mohon advicenya dok, terimakasih
      Reply
          *
            muki partono 9 January 2011 at 9:23 pm #

            kadang hal ini terjadi, kalau sdh 5 bukan sebaiknya kita lakukan manipulasi dengan pembiusan dan dilanjutkan dengan bantuan alat CPM
            Reply
  29.
      joey 10 January 2011 at 9:39 pm #

      Dok usia ku 29 tahun,aku patah tulang kaki paha sblh kiri dan tangan udh 5 bulan yg lalu,kira kira kapan dok aku bisa lepas tongkat sama sekali soalnya sekarang aku masih pake tongkat belum berani lepas tongkat
      Reply
          *
            muki partono 13 January 2011 at 10:43 pm #

            lepas tongkat bila penulangan sdh cukup kuat, perlu pemeriksaan foto xray sebaiknya dr yg menangani lbh mengetahui
            Reply
  30.
      AzilL 10 January 2011 at 10:07 pm #

      Dok, saya laki” yang berumur 16 thn, sekitar 2minggu lalu saya kecelakaan, mengakibatkan tulang kering kaki kiri saya patah.
      kejadiannya pada tgl 26-12-10 malemnya langsung d’lakukan oprasi.
      sampai sekarang rasa cenut” masih terasa dok, ap itu normal?
      dan saya mau nanya, saya atlet pesilat prosvinsi, kira” ap saya masih bisa silat lagi dok?
      kalo bisa butuh waktu brapa lama?
      dan apa yang bisa mempercepat penyambungan patah tulang kering?
      jujur saya takut kalo tidak bisa silat lagi dok.
      mohon masukannya….
      terimakasih~
      Reply
          *
            muki partono 13 January 2011 at 10:42 pm #

            sabar anda bisa silat lagi perlu istirahat 6 bulan , estimasi bisa silat lg setelah 1 tahun
            Reply
  31.
      rio 15 January 2011 at 3:23 pm #

      dok saya bulan nopember lalu patah tulang kering kaki kanan,butuh berapa lama untuk bisa berjalan lagi,sekarang dah 2 bulan lbh,tp blm boleh pake tongkat….mohon petunjuk dok.mksh
      Reply
          *
            muki partono 17 January 2011 at 12:16 pm #

            2 bln sdh bisa jalan dengan tongkat , lepas tongkat target 6 bulan
            Reply
  32.
      AzilL 19 January 2011 at 10:28 am #

      kalau misalnya tulang betis dan tulang kering patah dok>>>>
      kira” butuh waktu berapa lama untuk bisa jalan lagi…
      dan apa mungkin pent yang terpasang d’tulang bisah patah>>>???

      mohon masukannya dok…

      terimakasih>>>>>>>>>>>>>>>>>>
      Reply
  33.
      eka 24 January 2011 at 4:54 pm #

      dok saya eka 27th mau nanya.kaki paha saya patah ud sebulan dr oprasi.tp blm bsa d tekuk,ap memang seperti itu??lalu kpan saya bisa tekuk kaki saya kembali???..dan bagaimana cara cepat penyembuhanny dok?? trima kasih sebelumnya dokter murki,saya sngat membutuhkan jwbany itu!!
      Reply
          *
            muki partono 25 January 2011 at 6:26 am #

            kalau mau cepat di rawat dan pakai CPM , atau lakukan fisioterapi
            Reply
  34.
      ajunk 25 January 2011 at 10:38 pm #

      alat CPM tuw seperti apa dok??
      fisioterapi tuw contoh’y kyk gmna dok?? , apa itu blajar jalan atau blajar gerak ?
      tpi saya sdah blajar gerak sndiri tpi skit & uda saya pksa dkit2…..
      Reply
  35.
      Lia 26 January 2011 at 3:48 pm #

      Dok saya kecelakaan pd 15 nov 2009 dh mengalami patah tulang dipaha hingga menumpuk 2cm.
      Kmudian dioperasi dan dipasang pen didlm tulang dr pangkal paha hingga atas lutut.
      Knpa sdah 1th lb saya blum bs berjalan normal?dr bagian yg tidak ada pen nya hngga kebwah trasa aneh dan bgian lutut sakit jika untuk jalan?
      Tlg bri penjelasanya.
      Terima kasih
      Reply
          *
            muki partono 27 January 2011 at 10:34 pm #

            sebaiknya dikirim foto ronten kondisi terakhir, bisa banyak sebab salah satunya atropi otot, mungkin krn kurang aktif, atau anda termauk dalam delay union dimanan terjadi keterlambatan penyambungan tlang
            Reply
  36.
      wulan 29 January 2011 at 8:40 am #

      dok, saya wulan 23 th. tgl 24 desember 2010, 1 bulan yang lalu saya kecelakaan, retak sendi lutut dan bawah lutut (masih persendian), awalnya hanya bisa selonjoran, sekarang sudah bisa duduk di kursi ditekuk 90 derajat tapi untuk duduk lipat di lantai belum bisa. kira2 apakah nanti akan normal bisa dilipat lagi dok? saya agak khawatir kaku ga bisa dilipat, krn saya paksa tapi blm bisa agak kaku. sekarang saya jalan masih bantuan tongkat dan masih diperban. Gerakan2 seperti apa agar kaki saya tidak kau dok, karena otot2 di betis dan pergelangan kaki ikut jadi kaku..
      Terimakasih.
      Reply
          *
            muki partono 1 February 2011 at 6:16 am #

            sebaiknya dilanjtak oleh fisioterapis proses latihan menekuknya agar lbh baik
            Reply
  37.
      Ruchyat 29 January 2011 at 9:17 pm #

      Dok,saya ruchyat setelah menjalani operasi,berapa lama kira-kira plat yg terpasang ?î bahu saya bisa ?î lepas trimakasih
      Reply
          *
            muki partono 1 February 2011 at 6:09 am #

            pen pada dasarnya di angkat setelah tulang sdh menyambung paling cepat bisa 6 bln tapi waktu rata2 pengangkatannya 1 tahun
            Reply
          *
            muki partono 1 February 2011 at 6:11 am #

            paling cepat 6 bln rata2 1 tahun
            Reply
  38.
      arthur 2 February 2011 at 1:15 am #

      dokter..apakah patah tulang dibagian telapak kaki sampai kejari itu proses penyembuhannya lama?
      sudah hampir 2 bulan tunangan saya di rawat di RS karena patah tulang akibat kecelakaan,
      dan operasi skin graft..
      kakinya bagian kanan tidak bisa di tekuk dok, saya takut terjadi atrofi..kalaupun atrofi, bagaimana cara menyembuhkannya?apakah cukup hanya dengan fisioterapi dok..?
      terima kasih banyak dokter…
      Reply
  39.
      rido junjung nagari 4 February 2011 at 3:55 pm #

      dok, tangan kanan saya patah, karena kecelakaan motor, tulang kecil n tulang besar dua2nya patah…
      Tgl 20 desember 2010 sy di oprerasi pk pen,,,
      skrg c sudah mulai membaik,,
      Tetapi knapa sikut sy ga bs diluruskan y dok?
      Pdhl ga ada hubungannya dgn sikut,,,

      kira2 untuk pemulihannya berapa lama ya dok, sampe saya bs naek mtr lg….????
      Thankz b4
      Reply
          *
            muki partono 5 February 2011 at 8:56 am #

            kalau mau baik hrs fisiotrerapi, itu akibat pakai gendongan terlalu lama tanpa latihan siku, bisa juga sebab lain pastikan dengan foto rontgen sikunya apakah ada kelainan
            Reply
  40.
      rido junjung nagari 5 February 2011 at 6:26 pm #

      kalau karena gendongan terlalu lama, apa bisa lurus lg dok???
      Reply
  41.
      Angela 11 February 2011 at 12:51 pm #

      Dok saya berumur 20 tahun, 4bulan yg lalu saya kecelakaan motor dan dr hasil rontgen mengalami patah tulang diatas siku lengan, tetapi sy berobat di alternative. tangan saya skrg sudah membaik, tetapi yg jd pertanyaan sy, knp tangan sy bru hny bs menekuk 90 drajat saja, kalau mau coba lebih dr itu seperti ada yg menahan. apakah itu normal dok? dan kira2 apa yg harus sy lakukan spy bs menekuk seperti sedia kala?dimohon sarannya dok… trimakasih sebelumnya.
      Reply
          *
            muki partono 12 February 2011 at 3:27 pm #

            itu pasti tdk normal dan hrs difoto rontgen utk memastikan apakah ada patah atau tidak, kalau memang tdk ada patah dan bergeser dari hasil foto bisa kita lakukan fisioterapi, tp bila hasilnya ada patah sebaiknya diperbaiki bila ingin menekuk normal lagi
            Reply
  42.
      Rock rock 12 February 2011 at 5:27 am #

      Dok… Sya habis kcelakaan, sekarang saya klas 3 Smk. Ibu jari, jari manis sama jari tengah saya patah dok. Sekarang sudah di operasi dok, tapi ada beberapa pen (bentuknya seperti kawat) yg nongol dok, dan bisa dilihat dari luar. Kata dokternya setelah 1 1/2 bulan smua pen sudah diambil. Pertanyaan saya dok:
      1. Gimana agar jari2 saya tidak kaku, saat ini 3 jari yg dioperasi tdk dpat d tekuk.
      2. Apakah itu nanti akan normal lagi?
      3. Kemana saya bisa krim foto rontgen agar dokter bisa menjelaskan lebih detail.
      Saya pengen cepat2 bisa menulis lagi dok. Krna saya udh klas 3.
      Mohon dijawab dok. Thanks
      Reply
          *
            muki partono 12 February 2011 at 3:17 pm #

            sebaiknya bila sdh kaku nanti dilakukan pengangkatan kawat sekaligus manipulasi jari2nya agar bisa berfungsi kembali
            Reply
  43.
      Vincent Wibisono 16 February 2011 at 5:30 pm #

      Dok.Umur saya 15THN , saya habis kecelakaan. Tulang Lengan Kiri (Humerus) saya Patah Karena Terpeluntir. Sekarang Tangan saya sudah dioperasi (dipotong bagian triceps) dan diberi Pen. Sebelum Operasi tangan kiri saya lumayan berotot dan setelah operasi, otot biseps dan triceps saya hilang smua. Dan juga bekas potongan tangan wktu operasi masih bekas smpe skrg. (sudah dipen sekitar 6 bulan). ketika saya menggunakan otot triceps, seperti otot triceps ini tidak melekat pada tulang. tapi siku saya sudah bisa menekuk spt normal.

      pertanyaan saya:
      1. berapa lama tulang saya akan nyambungkembali dan melepas pen?
      2. bagaimana cara menghilangkan bekas luka operasi?
      3. apakah setelah melepas pen tulang saya akan normal kembali seperti dulu dan bisa melakukan aktifitas beban (fitness)?
      4. sekarang tangan kanan dan kiri saya, jauh lebih bsar kanan karna otot. apakah nanti bisa disamakan kembali? dengan cara apa?

      Tq ya sebelumnya. maaf terlalu panjang. saya butuh tips” dari dokter nih:D
      Reply
  44.
      Angela 17 February 2011 at 4:04 pm #

      Kalau boleh tahu ciri2nya bagaimana kalau ada patah? tangan saya sih sudah bisa digunakan untuk bekerja kembali dok, contoh sudah enak jika dipakai mengetik komputer, hanya kurang nyaman karena tidak bisa menekuk sempurna. Kalau memang ada yang patah harus diperbaiki dengan cara operasi ya dok? Trimakasih sebelumnya dok sudah mau menjawab pertanyaan saya.
      Reply
  45.
      ranita 17 February 2011 at 7:05 pm #

      Malam dok…2 hari lalu sya terjatuh ditangga dan dlam keadaan memakai sepatu berhak tinggi…kaki sya adaa ?ª?? patah tulangnyaa…?ª?? sya tanyakan apakah ?ª?? harus sya lakukan? Haruskah diigips? Trima kasih dokter
      Reply
          *
            muki partono 19 February 2011 at 9:44 am #

            penanganan di gips atau tdk tergantung dari bentuk patahannya sebaiknya kami periksa dulu
            Reply
  46.
      Wahyu 17 February 2011 at 7:48 pm #

      Bgni dok udh hmpir 2th lebih saya mngalami patah tulang kaki kiri d bagian paha dn d pasang pen.. Yg saya tany kn knp udh 2th lbih kaki saya ga bisa d tekuk normal lgi..?? Gmn cra ny biar bisa d tekuk dg normal lgi??
      Reply
          *
            muki partono 19 February 2011 at 9:42 am #

            sebaiknya anda kami periksa dulu. sebab banyak masalah yg bsia menyebabkan lutut tak bisa ditekuk
            Reply
  47.
      Vincent 18 February 2011 at 12:38 pm #

      Dok. Umur sya 15. Msh muda. 6bln lalu lengan kiri dkt siku sya ptah dan lgsg d beri pen. Tiap hari saya sdh minum susu sapi murni+suplemen kalsium. Pertanyaannya. Apakah tulang saya sdh nyambung 100%? Dan knapa saat stelah saya push up tgn kiri saya msh sakit, tapi cuman sebentar? Apakah itu normal? Tolong d jwb dok. Thx:)
      Reply
          *
            muki partono 19 February 2011 at 9:37 am #

            hrsnya kalau 16 tahun dan sdh 6 bulan biasanya sdh menyambung , bila masih nyeri hrs di cek dengan foto rontgen apakah sdh menyambung atau belum pada lengan yg sakit
            Reply
  48.
      Azka 20 February 2011 at 9:54 am #

      Dear doc,
      saya mengalami patah tulang.Hasil x ray mengatakan tampak bayangan fraktur os pubis sinistrae..Saya jatuh dgn posisi duduk sehingga daerah tulang selangkangan kiri bergeser (bentuk tulang yg seperti kacamata geser) dan di x ray ada garis putih dalam tulang kacamata itu yg patah.Yg ingin saya tahu apakah jika ke dr ortho saya harus di operasi ato ada tindakan medis lain?
      Saya bisa berdiri,menekuk,mengangkat kaki tapi tidak dapat berjalan dgn bertumpu di kaki kiri serasa nyeri dan ada yg goyang..
      Tolong balas dok..
      Reply
          *
            muki partono 21 February 2011 at 9:03 am #

            patah tulang kemaluan (pubis) adalah istirahat total, tdk boleh jalan dan duduk , selama 1 1/2 bulan
            Reply
  49.
      Tino 20 February 2011 at 6:45 pm #

      Malam dok, saya patah tulang kaki posisi di bawah dengkul. 4 minggu lalu saya operasi dipasang pen 1. Saat ini luka sdh kering, tp kaki belum bs dibuat menekuk,ada rasa sakit dan spt mengganjal.mohon solusinya dok. Terima kasih..
      Reply
          *
            muki partono 21 February 2011 at 8:54 am #

            sabar perlu waktu yg agak lama , sebaiknya lanjutkan dan latihan menekuknya yg lbh diutamakan
            Reply
  50.
      Azka 22 February 2011 at 8:17 am #

      @dr muki
      thanks doc ni da 2 minggu saya patah di os pubis.Saya gak mau merepotkan orang untuk buang air jd saya jalan dgn kruk.Apakah ini mempengaruhi kesembuhan dan penyambungan tulang saya?
      Perlukah tindakan medis lain selain bedrest total?
      Reply

83 komentar:

Anonim at: 8 Maret 2011 08.27 mengatakan...

untung jaka/24 th/165 cm/74 kg
dok,saya sdh menjalani operasi pasang pen karena patah tulang tibia yg dket sendi lutut..setelah 2 bln operasi,kaki baru bisa menekuk 90 derajat dan tidak bisa untuk melipat saat sholat.
latihan apa yang harus saya lakukan..
untuk meluruskan kaki jg msh terasa nyeri..kpn kira2 saya bisa belajar jalan..
makasih atas jawabannya..

{ Gunawan } at: 9 Maret 2011 12.13 mengatakan...

Saudara Untung Jaka, silahkan anda masuk ke forum tanya jawab Dr Muki Partono, Sp.OT Dokter Ahli Bedah Tulang di: http://mukipartono.com/pengobatan-patah-tulang-mahal/
Semoga membantu, trimakasih...

Anonim at: 11 Maret 2011 03.04 mengatakan...

Salam kenal bang...aq mo nanya, ada ga sih pengaman sekaligus penyangga patah kaki yg mudah di gunakan dn bs di stel ukurannya?

{ Gunawan } at: 11 Maret 2011 08.31 mengatakan...

Anonim mengatakan...

Salam kenal bang...aq mo nanya, ada ga sih pengaman sekaligus penyangga patah kaki yg mudah di gunakan dn bs di stel ukurannya?

jawab: salam kenal juga. ada, cuma alatnya hrs pesan dulu. cb aja datang ke ps. obat pramuka. alat itu tidak dijual di ps. pramuka, tp bisa pesan disana, hrg berkisar 1.5jt atau lebih tergantung dollar.
demikian semoga info ini bermanfaat..

{ eko wahyu } at: 3 April 2011 08.02 mengatakan...

pagi dok. mo tanya. knapa kaki saya bengkak slama paska penyembhn kaki saya akibat patah tulang. skarang dah 6bln dari kcelakaan. trima kash.

marchus at: 10 April 2011 03.01 mengatakan...

permisi dok,dulu saat kelas 6 SD sy kecelakaan 2 kaki patah,sudah dioperasi dg dipasangi pen,sampai saat ini kelas 3 SMA pen tersebut belum diambil,dan kaki saya terasa nyeri sekali,,apa masih bisa diambil? apa dampaknya ? dan kira-kira kalau dioperasi butuh biaya berapa?

terimakasih

Anonim at: 4 Mei 2011 13.38 mengatakan...

saya mengalami kecelakaan tanggal 20 desember 2010 patah tulang kering kaki kiri dan di gips...kedaan tulangnya gompal..karena saya tinggal di jakarta dan dokter yang gips saya itu berada di RS luar kota...saya harus pindah rumah sakit....tp sampai sekarang saya belum pernah ke rumah sakit mana pun sudah mau 5 bulan..saya hanya beli obat yang dari dokter awal(caltron dan calcitriol)...apa ada obat tambahan yang harus saya minum di bulan yang ke 5 ini???
sampai berapa bulan kira-kira saya bisa lepas gips, tanpa tongkat dan kaki bisa menekuk?? karena sampe sekarang saya belum ada tindakan lagi??

Nofyar at: 21 Juni 2011 14.28 mengatakan...

Nofyar, Semarang.

Siang Dok, Adek sayanjatuh dari Lt.2 1 bulan yang lalu, patah tulang di deket siku kana. sudah dilakukan operasi, sudah bisa ngangkat tangan juga. tapi belum bisa nekuk, estimasi kira** berapa waktu dia bisa Normal?
Pantangan dan anjuran makanan apa yang baik bagi perkembangan tulang dia?
Terimakasih banyak sebelumnya atas perhatian dan jawabannya.

Anonim at: 13 Juli 2011 06.37 mengatakan...

siang dok, sya andi, 2 1/2 bulan yg lalu saya kecelakaan kerja menyebabkan tulang punggung kaki saya patah dan harus dipen, sudah 4 minggu saya tidak pakai tongkat bantu. sampai 3 hari yg lalu baik2 saja,saya buat jalan2 biasa. dan seingat saya tidak terjadi benturan. tiba2 terasa nyeri dan bengkak, seperti di awal2 waktu habis operasi. digerakkan nyeri, sakit, jalan pun sakit. pertanyaan saya, apakah tulang saya patah lagi? dan apakah harus operasi ulang atau lebih banyak istirahat? saya takut dok kalau terjadi hal2 yg lebih parah lagi..
timakasih dok jawabannya.

{ galih } at: 15 Juli 2011 10.12 mengatakan...

siku saya kmaren hbs dipasang pen dok.
jd, selama 1 bln tangan saya membentuk siku terus dok,,, setelah pen yang ad ditangan saya diambil,, knapa setelah 1 bulan ini tangan saya msh belum bisa dilurusin dok??? mohon saranya dok, terima kasih .

{ rini } at: 19 Juli 2011 09.23 mengatakan...

dokter saya rini umur 23 th,2 th yg lalu saya dpt kecelakaan dan pergerlangan tangan saya patah, dan di pasangkan pen.tapi yg jd mslh di tangan kanan saya dok, ternyta pen nya di bagus pemasangannya.jadi mata tangan saya toh bisa di gerakkan alias di goyangkan dok.
yg saya mau tny ap harus operasi lagi untuk perbaiki tulangnya and memakai pen lagi?apa bisa kalau pennya di lepas dan saya pakek gif saja?trs apa sudah terlambat untuk buka pen nya pasca operasi dlu dok?

mohonn di replay ya dok.

makasih

{ Koestalani } at: 27 Juli 2011 19.26 mengatakan...

Malam Dok,

Umur saya sekarang 38 th. 9 th yg lalu ( th 2002 ) saya kecelakaan yg menyebabkan tulang paha saya patah di dua tempat. Sya operasi pasang pen ( klo ga salah pennya dimasukan kedalam tulang ).
Rencananya dalam waktu dekat ini saya akan melakukan operasi cabut tulang.

Yang saya ingin tanyakan, pasca operasi cabut pen, berapa lama waktu yg dibutuhkan sampai saya beraktifitas normal lagi.

Posisi saya di palembang, tentang biayanya dan kualitas dokternya antara RS Palembang dg jakarta bagaimana ya dok ?

Seandainya di palembang, apakah dokter bisa memberi referensi dokter dan RS manakah yang bisa saya datangi ?

Terimakasih sebelumnya atas jawabannya ya dok.

Shinta.

{ Unknown } at: 6 Agustus 2011 19.23 mengatakan...

umur saya 20 tahun...saya mengalami patah tulang jari kelingking(kaki)...saya lalu melakukan pemasangan pen.kata doktr nya pen itu permanen,alias ga di cabut lagi.....menurut dokter gimana?ga apa apa pen itu ga di cabut??terima kasih dok

Anonim at: 19 Agustus 2011 09.17 mengatakan...

dok..umur saya 20 tahun,,sudah 2 minggu patah tulang di pangkal jari jempol,,jari tengah dan jari manis..karena kecelakaan..saya sudah berobat dan bengkaknya sudah hilang,, yang saya tanyakan.. bagaimana cara mempercepat penyembuhan ptah tulang yang saya alami dan berapa lama waktunya untuk sembuh.. terimakasih.. mohon balasanya..

{ ucok } at: 27 Agustus 2011 17.22 mengatakan...

dok.. nama saya ucok umur 50 tahun
sy mengalami kecelakaan terjatuh dari atap rumah dan tulang punggung saya menjadi patah dan menonjol keluar.
pertanyaan saya ...
1.bisa senbuh samapai lurus lagi ga,kira -kira perlu dioperasi ga, kalo dioperasi kemungkinan lumpuh bisa ga
2.kira -kira kalau didiamkan akan tumbuh daging baru ga disekitar tulang yang menonjol atau pengapuran dll dan bagaimana dampaknya

{ 208fda86-36ae-11e0-9650-000bcdcb2996 } at: 4 September 2011 21.38 mengatakan...

dok..
sy hbis operasi patah tulang bahu kanan,
tp uda 3 bln rasa nyeri gag ilang2..
truz kadang bekas jaitan keluar darah,
bagaimana menanganinya dok??
trimakasih..

Anonim at: 28 September 2011 03.24 mengatakan...

dok... sy mngalami patah tulang bgian lengan kanan (patah tebuh)smpai skrng posisi tulng lengan sy bengkok kejadianya sudah 4 thn yang lalu.. yang sy mau tanyakan: klu di operasi kira2 tulang yg patah apa msh bisa tersambung kembali sprti smula..

Anonim at: 28 September 2011 14.19 mengatakan...

Dok...saya mau tanya bagaimana caranya agar membuat tulang muda (proses pembentukan tulang baru akibat kecelakaan) menjadi kuat kembali...apakah ada makanan khusus yang harus dikonsumsi atau cara -cara yang bagus dilakukan...
ini terjadi pada abang saya yang sedang kecelakaan. sekarang sedang proses pemakaian tongkat. terima kasih atas jawabannya...

Anonim at: 26 Oktober 2011 14.53 mengatakan...

Hallo Dok,

Berapa lama proses penyembuhan patah tulang tangan buat anak umur 6 tahun?

Terima kasih

Anonim at: 30 Oktober 2011 04.21 mengatakan...

dok say mau nnya

saya udah 2 blan pasca oprasi
tp say sudah bsa pake satu tngkat dan bsa brjala tnpa pkai tongkat
apkah itu wajar dok
soal ny kta ortu pnmumbuhan tulang tu sngat lama
umur saya 18 tahun
apakah tdak akan terjadi prgeseran tulang dok?

Anonim at: 9 November 2011 09.51 mengatakan...

Dok.. saya berumur 19th mengalami patah tulang lengan kiri dan masii ada pennya. dan saya ingin bli suplemen peninggi badan. apakah pertumbuhan badan saya masii bisa berjalan normal.? atau karena faktor patah tulang , bidan saya tidak dpt mengalami pertumbuhan lagi .?
Thx your support...

Anonim at: 6 Desember 2011 12.22 mengatakan...

saya berusia 2othn, 23/11/2011 saya mgalami kcelekaan,patah tulang paha,hanya patah satu,dipasang pen...kapan saya bisa jln,sudah 2bln lbih..hnya diberi jln hujung jari kaki atau tumit shj skrg...bisa diperjelaskan

{ jm } at: 10 Juni 2012 22.39 mengatakan...

dokter saya pria 43 th dua bulan lalu jari telunjuk saya terkena gear motor dan patah,pertanyaan saya berapa lama bisa sembuh tota dan berapa lama untuk saya bisa melatih jari untuk di tekuk?patahan di ruas tengah antara sandi trimakasih dokter

{ Rizki Putraa } at: 30 Juli 2012 07.52 mengatakan...

Ass. Dok saya mau tanya saya baru aja operasi lepas pen pada bagian paha sblh kiri. Sebelumnya saya sudah bisa berjalan normal seperti biasa. Kira2 butuh waktu berapa lama agar saya bisa berjalan normal kembali pasca pencabutan pen saya ini dok? Trimakasih

{ arlang team } at: 17 September 2012 02.23 mengatakan...

ass, dok saya bayu umur 18 tH, saya habis kecelakaan 2 mggu yg lalu, saya operasi, jari tngan kiri saya hancur, supaya tidak di amputasi, saya dianjurkan agar di sambung dengan daging lengan. tpy di rontgen terlihat tulang saya retak.
sekarang sudah lumayan kering dok,

berapa lama lagi tulang saya bisa normal lagi?? hingga saya bisa bermain bola, maaf karena saya ini kiper dok.

Anonim at: 20 September 2012 08.12 mengatakan...

halo dokter.
saya wanita 27 tahun. 3 minggu lalu saya keceelakaan dan tangan kiri saya patah sampai bengkok. juga ada luka seperti lecet di dekat bagian yag patah. apa itu luka biasa atau ada tulang yang menembus kulit? minggu lalu sya xray tapi gak ngerti hasilnya.bisa dokter jelaskan:
1. fraktur 1/3 distal antebrachi sinistra
2. aposisi jelek
3. callus belum tampak.
4. tanda radang tidak tampak.
5. soft tissue swelling (-).
mohon penjelasannya. terima kasih dokter.

jenny, manado.

{ lukmann thamboze } at: 26 September 2012 16.50 mengatakan...

ass...dok.
saya berusia 23 tahun dan semester 9 disalah satu universitas swasta. Dok… Sya habis kcelakaan sekitar 7 minggu yang lalu,4 tulang metatarsal saya patah beserta TENDONnya putus dok. pada saat selesai di operasi dok, ada beberapa pen (bentuknya seperti kawat) yg nongol dok, dan bisa dilihat dari luar dan sekarang semuanya sudah di cabut.

Pertanyaan saya dok:
1. perlu waktu berapa minggu tendon yang putus bisa pulih?
2. perlu waktu berapa minggu saya biasa jalan?
3. Apakah saya bisa berjalan normal lagi?


Mohon dijawab dok. Thanks

{ chiePuedt } at: 2 Oktober 2012 10.01 mengatakan...

assaalamualaikum dok...
dok, saya puput.. usia saya 22 tahun, 2 minggu yang lalu saya kecelakaan. tulang tangan kanan saya patah. tapi tngan tdk d'operasi. hanya d'bawa k'ahli tulang patah. kira2 butuh waktu yang lma g dok untuk penyembuhan...???
sampai skrang jari tangan saya agak kaku buat d'tekuk. dan terasa kesmutan pada bagian ibu jari.
itu knapa ya dok??
apa karena belum begitu nyambung ya dok tulang saya??
mohon jawabannya ya dok.....

{ Amie } at: 10 Oktober 2012 21.31 mengatakan...

Dok..saya mau tanya,saya mengalami patah tulang fibula dengan posisi 1/3 bagian bawah..sudah operasi pasang pen,berapa lama ya bisa menapak atau jalan??ada dokter yg mengatakan bisa saja langsung jalan (dokter di salah satu RS) tapi dokter di RS yg berbeda blum bisa memastikan sampai november...sampai sekarang sudah hampir 2 bulan,lalu..selama pakai tongkat,apakah bisa untuk berenang??dan apakah setelah bisa menapak,saya bisa langsung gunakan untuk diving??mohon bantu info dok..

{ wisnu nugraha } at: 22 Oktober 2012 21.46 mengatakan...

Gabung di grup fb " Pasukan patah tulang kaki " qt share pengalaman disana. Banyak temen seperjuangan. By wyznu

{ badiel } at: 2 November 2012 00.35 mengatakan...

malam dok saya mau nanya saya sudah hampir lebih dari 1.5 tahun patah tulang kaki kering,berapakah biaya untuk pelepasan pennya dan apakah setelah dilepas tulang bisa sembuh dan kuat seperti sedia kala?berapa lama proses penyembuhan setelah pen dilepas?


terimakasih

{ tixa antix } at: 2 November 2012 20.03 mengatakan...

dok saya mau tanya
adik saya mengalami kecelakan seminggu yang lalu,tapi di bawa ketukang urut,
sampai sekarang masih bengkak,dan tidak bisa berdiri dan pakai tongkat,gmn ya solusinya?
tolong di jawab ya dok
treimakasih

{ inuuinu } at: 19 November 2012 22.56 mengatakan...

Mohon maaf sebelumnya, saya ingin bertanya dok.
Beberapa hari yang tulang jari lebih tepatnya jari kelingking kanan pada bagian tengah saya patah dan jari manisnya retak serta jari tengah agak sedikit mengalami bengkok akibat tabrakan.

Bagaimana mengobati ketiga jari tersebut? Selain pemasangan pen!

Terima Kasih

{ Kardimin Ardi } at: 23 November 2012 05.03 mengatakan...

ass wr wb,dok saya mau tanya,adik saya jatuh trus sendi sikunya naik ke atas,dah lama sih dok sekitar satu tahunan,sekarang tangan adek saya bengkok dan nggak bisa di pake apa2,trus gmn cara ngembalikannya biar bisa normal,apakah perlu operasi,dan klo operasi biayanya sekitar berapaan ya dok,mohon solusinya dok,trimakasih
wasalamualaikm wr wb

{ didik nugroho } at: 29 November 2012 14.05 mengatakan...

ass wr wb, dok saya mau tanya. Saya DIDIK NUGROHO usia saya 22thun sudah pasang pen selama 2tahun pada bagian kiri,rencana 1-2bulan lg mau lepas pen. yg jdi pertanyaan saya
1. Berapa lama proses pemulihan pasca operasi?
2. Pen saya itu dimasukan dalam tulan,apakah setelah lepas pen kaki saya mudah patah lg???
3. Seandainya tidak saya lepas pen-nya apakah berpengaruh terhadap kesehatan saya di waktu yang akan datang??
Demikian dok atas pertanyaan saya,mohon solusinya.
Terima kasih.

{ Leni Kusmayanti } at: 25 Desember 2012 11.26 mengatakan...

assalamualaikum dok ibu saya usia 50 tahun patah tulang panggulnya sudah 8 bulan. berpa lama masa penyembuhannya dok? ibu saya menggunakan pengobatan alternatif tapi ketika di xray sudah terbentuk kalus

Anonim at: 30 Desember 2012 07.27 mengatakan...

assalamu'alaikum dok.
saya pria berumur 17thn. 1 bulan yang lalu, saya mengaami patah tulang pada sendi jari saya sampai kulitnya terkoyak. setelah kulitnya pulih, tangan saya bengkok dan susah diluruskan. karena seperti ada yang mengganjal. apakah jalan operasi masih memungkinkan untuk jari saya kembali dok, setelah 1 bln lebih jari saya bengkok .. ?
terimakasih .. :)

Anonim at: 14 Januari 2013 23.25 mengatakan...

wah dokternya uda g praktek lg

Anonim at: 18 Januari 2013 02.51 mengatakan...

Dokter.. Saya butuh bantuan dan pertolongan anda..
Saya mengalami kecelakaan tgl 6 bln 1 2010
Sampai skrg uda 2 thn luka saya tidak mengering
Saya mengalami patah tulang di bagian paha kanan. Patah menjadi 3 dan di pen.. Setelah itu pen tidak sanggup menahan dan patah lgi
Operasi keddua kali nya memasang pen baru dan luka bekas operasi pen tidak mao mengering sudah 2 tahun lama nya lutut tidak bisa bengkok mungkin mengalami kekakuan skrg pertanyaan saya adalah obat apa yang harus saya gunakan untuk mengatasi luka tsb..
Tidak ada infeksi tulang dantulang belum menyatu .. Sekarang menjadi 2 bagian 1 bagian sudah tersambung.. Kaki mengecil mungkin krn jrg bergerak.. Thx dokter Dan mohon jawaban nya...

ratri at: 21 Februari 2013 11.19 mengatakan...

siang dok,saya ingin bertanya mengenai cara melatih sendi jari saya yang kaku.
saya berusia 18th dan sekitar 4bln yang lalu saya mengalami patah tulang pada jari manis kanan pada ruas ke 2 dan ruas ke 4 dari ujung jari. setelah oprasi pencabutan pen, ujung jari saya tepatnya ruas ke 2 sangat sulit ditekuk. Padahal saya sudah berusaha melatihnya sendiri dirumah.
yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana sebaiknya cara saya melatih sendi jari saya agar tidak kaku seperti ini?
terimakasih sebelumnya

{ FyFloFla } at: 10 Maret 2013 23.11 mengatakan...

Malam dok,

Saya alfy, perempuan, 24 tahun. Desember 2012 lalu saya mengalami kecelakaan motor, bahu saya terbentur keras ke aspal hingga tidak bisa digerakan sama sekali. setelah di ronsen, menurut dokter di IGD, tidak apa2, jadi hanya diberi obat penghilang rasa nyeri dan antibiotik. namun sampai saat ini maret 2013 saya masih merasakan nyeri dibagian bahu kanan sm jari. Walaupun rasa nyeri itu hanya kambuh disaat2 tertentu saja. jika saya terlalu lelah atau salah posisi tidur atau duduk.

apakah ada masalah serius pd bahu kanan saya dan sy perlu melakukan pemasangan pen? mohon info. terima kasih

{ Unknown } at: 11 Maret 2013 23.07 mengatakan...

Dear Dr. Muki,
20 hari yg lalu (19/2/2013) sy mengalami kecelakaan dan patah tulang paha (complete tp tdk keluar) sy sdh dioperasi dgn menggunakan plate dan sekrup. 10 hari yang lalu selang utk penmbuangan darah kotor dah dicabut dan lubangnya sedikit menutup, tetapi dibekas jahitan keluar cairan (bukan darah) terus menerus smp skrng, apakah itu normal, dok?..........

Anonim at: 14 Maret 2013 10.55 mengatakan...

dear Dr.Muki
Dok,saya fiqih umur 22 tahun.
Tgl 17 feb 2013 yg lalu saya menglami kecelkaan motor yg mngkibtkan tulng tangan kiri saya (diantra siku dan pergelangan tngan)mnjdi ptah 2 (setelah di rongent. Tetapi saya hanya melakukan pengobtan alternatif. Kira-kira brapa lama msa pexembuhannya sebab kalo tidur sering bgian pundak saya ikut terasa sakit ?

{ Andhika Rahmat } at: 31 Maret 2013 09.48 mengatakan...

Dear Dr.Mukti
Dok saya kan abis patah tulang di daerah paha kira" penyembuhannya brp bulan ya ? palinga cepet dah paling lambatnya ?

Makasih Dok.

Anonim at: 10 April 2013 16.44 mengatakan...

Dok' semangat sore, sy sdh 1,5 tahun pasca pencabutan pen di tulang paha kanan saya.
Jika tidur miring kanan dibekas luka jahitan sy terasa nyeri dan sepertinya tidak bisa mengalami penekanan berat badan, apakah itu masih tergolong normal Dok',,? terkadang sesekali terasa nyeri hanya di otot bagian tulang yang dahulu patah..
tqsmb4..

{ leha chubby } at: 12 April 2013 16.34 mengatakan...

saya syarif 22th ,,
sya mngalami kclakaan pd buln desember 2012 lalu dan menjalani oprasi skin graph pd lengan kanan bagian sikut smpai ibu jari,,tp sudah 4 bulan ini jari saya blum bisa bergerak full,,padahal yg patah hnya ibu jari saya dn d pasang pen numun sudh d lepas 2 bulan lalu...
mnurut dokter apa lagi yg hrus'a sya lakukun..
trima kasih...

Eii at: 14 April 2013 22.07 mengatakan...

dok saya mau bertanya, adik saya masih kelas6 SD tangan kirinya patah pada bagian dekat sikut, bagaimana cara saya merawatnya ya? saya bingung,, terima kasih

Anonim at: 16 April 2013 17.56 mengatakan...

Dok....saya 3 bulan lalu patah kaki (paha kiri/femur). Sekarang sudah genap 3 bulan...sudah pakai 1 tongkat, kadang jalan tanpa tongkat lagi. Tidak terasa sakit, tp masih pelan2. Pasca operasi sampai sekarang masih aktif fisioterapi (melipat lutut). Tetapi sampai sekarang, lutut belum bisa melipat max (kecuali jika ditekan oleh fisioterapi saya). Apakah itu normal Dok?? Trus, sampai sekarang masih ada bengkak di bagian yg patah (walaupun bengkak ini sudah berkurang daripada 2.5 bulan yg lalu)....Apakah ini normal ya Dokt??? Oia, apa perlu saya rontgen lagi?? kata dokter saya kemarin tidak usah jg tidak apa-apa.


Terima Kasih

{ susi adm gdg } at: 20 April 2013 11.25 mengatakan...

aku mengalami patah tulang pangkal paha sudah di operasi dan sudah 3 thn, tp kaki jadi panjang sebelah selisih 3 cm, kalau jalan pincang, apa bs kembali normal seperti dulu?

Anonim at: 23 April 2013 06.13 mengatakan...

Dok saya umur 17, patah tulang di jari manis kanan, dan skrg digip, brp hari tulang saya bs kembali? Saya sudah tidak tahan dg gatalnya,

Anonim at: 7 Mei 2013 21.33 mengatakan...

Untuk di daerah bandung. Jangan pernah ke dokter Bambang Trisknadi. Biarpun gelarnya sudah mencapai professor tapi dia tidak becus sewaktu menangani tangan saya. Sehingga tangan saya menjadi bengkok. Big fuck off for that low life old man, and for you dok, please reply every fucking question. They need a fucking answer. All im asking is just because you're a fucking doctor and try'n to be a smart ass it doesnt mean that you're smarter than aeveryone.

{ ardi bayu } at: 12 Mei 2013 04.33 mengatakan...

pagi dok saya mau tanya, saya mengalami patah tulang di siku kanan, saya sudah operasi 2 kali tapi tetap saja siku saya tidak bisa kembali normal, tidak bisa ditekuk dan tidak bisa diluruskan
saya harus bagaimana ya dok?
apakah harus operasi lagi?

terima kasih dok

{ David Hendrajaya } at: 15 Mei 2013 01.11 mengatakan...

permisi dok.

saya david umur 17th, 10 bulan lalu saya mengalami patah tulang di bagian bahu sebelah kanan (di bagian dada atas) dan sudah di pasang pen. dokter tulang saya mengatakan bahwa bulan depan pen saya akan di lepas. nah dok pertanyaan saya adalah apakah saya boleh melakukan pembentukan otot ( nge gym/ fitness ) ??? setelah pen saya di buka. kira" kalau boleh ngegym / fitness tunggu selang brapa lama ya dari pembukaan pen???

trima kasih dokk..

Anonim at: 19 Mei 2013 16.15 mengatakan...

assalamualaikum
dok nama sya andika 20 tahun
5 bulan yg lalu saya kecelakaan , dan mengalami patah tangan di bagian kanan
dan professi saya adalah seorang drumer music metal
apakahsetelah sembuh nanti sya masih bisa melanjutkan profesi saya?
dan kira" butuh wktu brp lama? jjr saya tdk ingin ke hilangan profesi saya ini. thanks

{ nieck velix } at: 18 Juni 2013 17.00 mengatakan...

dok,,pacar saya pernah mengalami kecelakan, pada lengan sebelah kiri tidak bisa bergerak sesuai perintah otak karena ada otot telunjuk yang ptus sehingga harus membagi dua otot jari tengah agar bisa di pakai untuk jadi telunjuk, operasi pertama gagal, operasi ke dua hampir berhasil, operasi ke 3 berhasil, operasi ke 4 pengangkatan pens, setelah operasi pada pergelangan tangan tidak lurus seperti semula,,bagaimana cara pengobatannya dok.

{ raden pabelan } at: 22 Juni 2013 18.17 mengatakan...

dok nama saya sulitianingsih saya mengalami patah tulang sudah 1 tahun apa udah bisa di gunakan naik sepeda motor trima kasih sebelumnya

{ karmila nuraida } at: 30 Juni 2013 16.24 mengatakan...

selamat siang dok beberapa minggu yg lalu saya tabrakan dan tempurung lutut saya sebelah kiri retak dok,dan sekarang udah dipasangkan gips yang mau saya tanyakan ketika lutut saya di gips terdapat luka dilutut sebelah kiri saya,kira - kira itu tidak apa" kah dok,tidak akan menyebabkan infeksi tulang kah dok? soalnya kadang" saya merasa nyeri dilutut kiri saya akibat luka tersebut.

Anonim at: 5 Juli 2013 17.29 mengatakan...

hay dok
usia 24 th,sya mengalami ptahtulang paha sblah kiri
6 bln sya bru pasang peng dan ,sekarang 7 bulan pasca operasi,saya
masih pakai bantuan tongkat,pertumbuhan tulang saya sangat lambat.pa karna lambat dioperasi Dok????
apa memerlukan waktu tahunan agar kaki saya berfungsi dengan normal kembali ?
terimah kasih Dok mohon jawabannya

Anonim at: 18 Juli 2013 02.09 mengatakan...

Dok, saya mau tanya..
saya pernah mengalami patah tulang saat saya berumur 6 tahun pada bagian siku saya, sehingga bagian siku saya mengalami perubahan bentuk -bergeser-. sekarang umur saya 28 tahun dan kondisi siku saya tidak normal. jika saat ini saya ingin melakukan operasi pada bagian yang bergeser tersebut apakah masih memungkinkan? dan apakah masih bisa kembali seperti semula?
terima kasih.

Anonim at: 31 Juli 2013 16.06 mengatakan...

Selamat sore Dok, 2 hari yg lalu pacar kecelakaan, mengalami patah pada tulang pelvis kiri, menurut keterangan dktr yg menanganinya pacar sy tdk perlu menjalani operasi,, untuk kasus semacam ini biasanya berapa lama waktu untuk sembuh dan bisa berjalan/duduk dan beraktivitas normal? dan apakah tanpa operasi tulang dapat kembali pulih seperti sedia kala?

{ Edwin } at: 7 Agustus 2013 22.22 mengatakan...

mw tanya nih, berapa lama tulang yg patah di area sekitar pergelangan tangan bisa melakukankembali olahraga berat seperti push up, angkat barbel, dsb ?

Anonim at: 10 Agustus 2013 10.35 mengatakan...

mau tanya, berapa lama tulang yg patah di sekitar paha kanan saya sembuh setelah dilakukan operasi penyambungan tulang?

{ cahyo wahyudi } at: 16 Agustus 2013 01.28 mengatakan...

malam dok,, mau tanya setelah oprasi femur paha kanan, masih terasa nyeri,, kadang" seperti keram pada paha, sampai tidak bisa tidur seharian,
itu terjadinya kenapa dok??
brp bulan kira" dapat normal digunakan,,

{ biikriez } at: 20 Agustus 2013 23.34 mengatakan...

Dok mau tanya...
kalau retak pada hidung diharuskan pasang gip... dengan keadaan hidung sedikit bengkok.
misalkan diharuskan pasang gip supaya kembali normal lagi... bisa dijelskan sedikit cara pemasangan gipnya?

{ blogSaha ieu? } at: 1 September 2013 21.46 mengatakan...

Halo dok,saya mau tanya. 1bulan saya mngalami kcelakaan, kaki kanan cedera. Jari2 yg slamat 1,dpasang pen.sendi kaki dislokasi. Skrg stelah operasi dan pembersihan ulang, kondisi lumayan baik.tp bengkaknya di bawah tlapak kaki msh ada. Apakah ini normal?

Thx atas jawabnny

{ vindo } at: 2 September 2013 10.01 mengatakan...

dok saya mau bertanya ni
january 14 2012 pacar saya tabrakan terus patah ditulang paha .jadi dikasih pen yang patanya jadi sete;ah di pen gak ada cek cek lagi ke rumah sakit seharusnya gimana dokter ?
sementara alhamdulilah sampai ssaat ini tidak apa apa dengan pahanya tapi sampai ssat ini dia masih pakai tongkat dokter
gimana saranya dokter ?

{ rieta_imoet } at: 5 September 2013 14.18 mengatakan...

siang dok...adik saya hbis jatuh dr sepeda motor ,,,,seyelah dirongsent...hasilx tulang duduk...daerah pubis...ternyata retak...usiax 23 th...apakah harus operasi ato ada jalan lain....mohon solusix

{ Pramono } at: 18 September 2013 15.03 mengatakan...

SORE dok... kalau dulu kita pernah patah tulang berobat ke sangkal putung dan sekarang posisi tulang tidak kembali seperti semula (posisi tulang hanya menumpang di atas tulang yang patah atau tidak segaris). apakah masih bisa diobati dengan jalan operasi dok...? biar saya bias berjalan seperti sediakala

{ Ishak King Pearl } at: 15 Oktober 2013 17.15 mengatakan...

Dok 1 tahun yg lalu saya mengalami retak tulang (setelah di ronsen) di bagian mata kaki dan luka yg dalam ,tetapi saya tidak operasi melainkan pengobatan tradisional dan sekarang luka dan retak nya sudah sembuh tetapi mata kaki saya masih bengkak dok? Mohon jawaban nya yaa Dok..
Thank's. GBU

{ Rumah Herba FANELIA } at: 20 Oktober 2013 12.49 mengatakan...

Obat Herba Khusus PATAH TULANG.
GAMAT EMAS mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati patah tulang dan nyeri sendi. Harga Rp. 212.500,- (70 Kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

{ Widyah Rini } at: 30 November 2013 18.54 mengatakan...

dokter Muki yg saya hormati, 3 minggu lalu saya kecelkaan tertabrak dari belakang, hasil ronsen 6 rusuk saya patah juga tulang punggung bagian kanan saya, namun dokter tidak memutuskan untuk operasi karen a memang tidak mempengaruhi organ dalam saya...saya melakukan terapi makanan yg berkalsium tinggi selama ini, dan beberapa hari ini terasa sangat tebal dan sedikit ngilu jika malam hari, terkadang saya tidak bisa tidur karena merasakan ngilu yang teramat sangat...mohon penjelasan juga jawaban yang jelas dok...terima kasih banyak

{ Tatar Kusmiyati } at: 28 Januari 2014 04.36 mengatakan...

Dokter. Saya ata umur 36 tahun. Pada tgl 11 Desember saya operasi pasang pen pada paha kiri karena kecelakaan (tertlindas ban truk). Pada tgl 27 januari saya diminta rontgen. Hasilnya gak bagus. Kalus belum terbentuk. Kenapa seperti itu Dokter. Penangananya bagaimana agar bisa tumbuh kalus. Makasih

{ Saripah Eppa S } at: 4 Februari 2014 15.43 mengatakan...

salam. umur saya sekarang memasuki 22 tahun. saya pernah mengalami patah tulang 4 tahun yang lalu dan hasilnya ampe skarang saya tidak bisa berjalan dengan normal. terlihat perbedaan pada tulang femur. apakah ini bisa diatasi sekarang ? operasi pasang pen mungkin dok ?

{ Rumah Herba FANELIA } at: 9 Februari 2014 20.40 mengatakan...

Herbal PATAH TULANG.
GAMAT EMAS mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati patah tulang dan radang sendi. Harga Rp. 212.500,- (70 Kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

{ Erma Amalia Khairina } at: 10 Februari 2014 10.36 mengatakan...

dok umur saya 18 tahun belum sebulan ini saya mengalami kecelakaan hebat terjadi fraktur di bagian kepala saya dan tulang penyangga bola mata saya kanan kiri patah namun yg sebelah kiri lebih parah, lalu tulang di dekat pergelangan tangan saya patah dekat urat nadi. nah yg ingin saya tanyakan pergelangan tangan saya itu lebih baik di gyps atau di beri pen ? lalu kenapa belakangan ini setiap hujan tulang saya terasa ngilu padahal setelah keluar dari rs tidak pernah terasa ngilu seperti ini tolong di jawab pertanyaannya terima kasih.

{ Marlia Handayani } at: 11 Februari 2014 15.00 mengatakan...

Dokter, perkenalkan saya Marlia berusia 39 tahun, sebulan yang lalu (tepatnya tgl 10 Januari 2014) saya terpeleset dan jatuh dalam posisi tertidur bertumpu di bokong kanan, tulang perut kiri lebih tinggi dari sebelah kanan, tulang bahu, tulang punggung, tulang paha, dan pada bokong sebelah kanan terasa sakit. setelah di urut 5x masih terasa sakit saat duduk, di bagian tulang duduk dan pangkal paha. apakah posisi tulang akan kembali seperti semula dengan sendirinya ? atau perlu dilakukan rontgen ? mengingat saya baru saja melakukan xray seluruh tubuh pada bulan Juni 2013 dan tindakan infus untuk memperkuat tulang...terima kasih

Anonim at: 17 Februari 2014 23.34 mengatakan...

pak/bu saya ingin bertanya pada waktu kurang lebih 9 tahun lalu (Pada saat itu saya kelas 6 SD) saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan urat tendon saya itu putus (Seluruhnya) dan harus di operasi, maka saya melakukan operasi tersebut dan ketika saat ini saya sering bermain sepak bola kembali saya merasakan sakit diurat tendon saya yg menyebabkan saya susah berlari dan terpincang2 dan ketika mau berjalan sakit rasanya, bagaimana keadaan sya menurut bapak/ibu saat ini? apa yg harus saya lukakan ? Kaki sya yg di operasi adalah kaki kanan

Anonim at: 20 April 2014 20.35 mengatakan...

dok nama saya amin priyanto saya mengalami kecelakaan jari saya patah jadi 2 dan dibagian sendinya setelah 2 bulan jari saya tidak bisa menekuk sama sekali dan kaku
solusinya bagaimana yaa dok dan apa yg harus saya lakukan agar jari tangan saya bisa menenkuk kembali
terima kasih dok

{ Nazman's Daughter :) } at: 22 April 2014 12.45 mengatakan...

Salam Dr, Suami saya (umur 45thn) mengalami fracture jenis compound pada femur kiri. (putus tulang paha). Sudah satu tahun namun belum boleh berdiri sendiri apatah lagi berjalan. Sudah pelbagai usaha kami cuba termasuk prosedur menyuntik sum-sum tulang pada joint tulang yang putus itu. Apakah suplemen yang sesuai untuk diambil bagi mempercepatkan kesembuhan? Sekarang sudah mengambil Vit C, Protaxos, Rocaltrol dan D-Calcium. Terima kasih.

Anonim at: 5 Juni 2014 12.59 mengatakan...

Dok, Nama Saya Fauzi Atan Pria usia 53 Tahun. Tgl. 27 Mei 2014 saya telah melakukan operasi pencabutan Pen di Paha Kanan Atas. KIra-kira 1 minggu saya sudah berjalan tanpa tongkat penyangga. yang saya tanyakan :
1. Berapa lama bekas baut pen itu tertutup normal kembali.
2. Olah Raga apa yang bisa saya lakukan sekarang.
3. Apakah saya sudah boleh Sholat seperti biasa, karena ketika ditekuk lutut saya agak tegang.

{ angga hendrayana } at: 18 Juni 2014 07.00 mengatakan...

salam sejahtera dok,
saya pria berumur 26 tahun. seminggu yang lalu saya kecelakaan dok, dan menyebabkan tulang belakang bagian kanan nomer 3 dri atas patah. saya sudah cek ke dokter spesialist dan melakukan pengobatan alternatif, kira2 sembuhnya untuk bisa beraktifitas secara normal, memerlukan waktu berapa ya dok,,,terima kasih

{ angga hendrayana } at: 18 Juni 2014 07.01 mengatakan...

salam sejahtera dok,
saya pria berumur 26 tahun. seminggu yang lalu saya kecelakaan dok, dan menyebabkan tulang belakang bagian kanan nomer 3 dri atas patah. saya sudah cek ke dokter spesialist dan melakukan pengobatan alternatif, kira2 sembuhnya untuk bisa beraktifitas secara normal, memerlukan waktu berapa ya dok,,,terima kasih

desi at: 24 Juli 2014 13.57 mengatakan...

assalamu'alaikum

teman saya menggalami patah tulang dari sd kls 6 sampai sekang
yang mau saya tanyakan dok
apakah tulang nya masih bisa di sembuhkah ?

Poskan Komentar

 

Copyright © 2010 Klinik.com Blogger Template by Dzignine